Selasa, 27 Desember 2011


KELOMPOK 8
NAMA : Armin
NIM: 10.12.131
KLS: AK B5

Tugas Presentasi

MERANCANG DAN MENGELOLA SALURAN PEMASARAN YANG TERINTEGRASI SALURAN PEMASARAN DAN JARINGAN NILAI

Saluran pemasaran (marketing channels) merupakan sekolompok organisasi yang saling bergantung. Peran utama saluran pemasaran adalah mengubah pembeli potensional menjadi pelanggan yang menguntunkan, tidak hanya melayani pasar namun harus membentuk pasar. Pilihan saluran tergantung pada strategi pemasaran perusahaan dengan memperhatikan segmentasi penentuan target dan positioning. Ada 2 strategi yaitu:
1.      Startegi dorong (push strategy)
Menggunakan tenaga penjualan, uang promosi dagang, atau sarana lain, produsen.
2.      Strategi tarik (pull strategy)
Produsen menggunakan iklan, promosi dan bentuk komunikasi lain.
Perkembangan saluran
System saluran pemasaran berkembang sesuai dengan fungsi peluang dan kondisi lokal, ancaman dan peluang yang muncul, sumber daya dan kapabilitas perusahaan dan faktor-faktor lain.
Perusahaan yang mengelola saluran hibrida harus memastikan bahwa saluran-saluran tersebut bekerjasama dengan baik dan menyesuaikan diri dengan cara pelaksanaan bisnis yang disukai setiap pelanggan sasaran.
Pelanggan menharapkan integrasi saluran, yang ditentukan karakternya oleh fitur-fitur seperti:
*      Kemampuan untuk memesan produk secara online dan memilihnya dilokasi eceran yang nyaman
*      Kemampuan untuk mengembalikan produk yang dipesan secara online ke took pengecer terdekat.
*      Hak untuk menerima tawaran diskon dan promosi berdasarkan total pembelian online dan offline.
Memahami kebutuhan pelanggan
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih saluran adalah factor harga, pilihan produk. Kenyamanan pilihan saluran, dan juga tujuan belanja mereka (ekenomi social, atau eksperimental).
Menurut Penset Nunes dan caspedes Pembeli dibagi menjadi satu dari empat kategori, yaitu:
*      Pemberian berdasarkan kebiasaan.
*      Pencari kesepakatan bernilai tinggi
*      Pembelanja yang mencintai keragaman.
*      Pembelanja dengan keterlibatan tinggi.
Ada 3 type pembelanja:
*      Pelanggan jasa/ berkualitas
*      Pelanggan harga / nilai
*      Pelanggan dengan hubungan yang dekat
Tingkat saluran
Saluran pemasaran konsumen
*      Saluran tingkat nol / zero-level channel (saluran pemasaran langsung) distributor
*      Saluran tingkat satu
*      Saluran tingkat dua
*      Saluran tingkat tiga
*      Tingkat nol/zero-level channel (saluran pemasaran langsung) [produsen → pelanggan Industri]
*      Tingkat Satu [produsen →  distributor  industry → pelanggan industry]
*      Tingkat dua [produsen → perwakilan produsen → distributor industri→pelanggan industry]
*      Tingkat tiga [produsen→cabang penjualan produsen → distributor industri→pelanggan industry]
Saluran aliran terbaik:
*      Menggunakan kembali produk atau kemasan
*      Memperbaiki ulang produk
*      Mendaur ulang produk
*      Membuang produk kemasan
Rancangan system Saluran Pemasaran
*      Menganilisis kebutuhan konsumen
*      Menetukan tujuan saluran
*      Mengenditifikasi saluran utama
*      Mengevaluasi alternative saluran utama.
Menganalisis Tingkat Output Jasa yang Diinginkan Pelanggan
*      Ukuran Lot
*      Waktu Tunggu dan waktu pengiriman
*      Kenyamanan special
*      Keragaman produk
*      Dukungan layanan
Identifikasi saluran alternatif
*      Jenis-jenis perantara
*      Jumlah perantara
*      Syarat dan tanggung jawab anggota saluran
Mengevaluasi Alternatif Utama
Masing-masing alternatif saluran perlu dievaluasi terhadap
1.      Kriteria Ekonomi
Nilai tambah versus biaya dari berbagai saluran

Masing-masing alternative saluran akan menhasilkan tingkat penjualan dan biaya yang berbeda pula.
Analisis ekonomi bagi saluran :
*      Memperkirakan berapa banyak penjualan yang akan dihaslkan oleh tenaga penjualan perusahaan atau agensi penjualan.
*      Memperkirakan biaya penjualan volume yang berbeda melalui masing-masing saluran membandingkan penjualan dan biaya
Keputusan Manajemen Saluran
1.      Memilih anggota Saluran
Produsen harus menetukan karakteristik yang membedakan perantara yang lebih baik untuk memfasilitasi pemilihan anggota saluran.
2.      Melatih dan memotivasi Anggota Saluran
Perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan anggota saluran agar dapat merangsang mereka untuk mencapai kinerja puncak.
Kekuatan saluran (channel power) adalah kemampuan untuk mengubah perilaku anggota saluran sehingga mereka akan mengambil tindakan yang tidak akan mereka lakukan.

Jenis-jenis kekuatan produsen:
a.       Kekuatan Koersif
Produsen mengancam untuk menarik sumber dana atau menhentikan hubungan jika perantara tidak mau bekerja sama.
b.      Kekuatan Penghargaan
Produsen menawarkan manfaat ekstra kepada perantara karena berhasil melaksanakan tindakan atau fungsi tertentu.
c.       Kekuatan Resmi
Produsen menuntut perilaku yang dijamin dibawah kontrak
d.      Kekuatan Ahli
Produsen mempunyai pengetahuan khusus yang dihargai oleh perantara

Tugas Resensi Buku

Sering pebisnis pemula mengawali bisnisnya dari arah yang salah. Mereka umumnya berangkat dari peluang yang ditimbulkan dari keterampilan mereka, dan bukan dari peluang yang di sediakan oleh pasar. Maka tidak mengherankan kalau akhirnya banyak sekali bisnis yang akhirnya gagal dan gulung tikar dalam tahun pertama mereka. Selain itu, banyak sekali bisnis yang sudah lama berjalan mengalami stagnasi pertumbuhan karena kurangnya pemahaman tentang marketing yang benar. Buku ini mengjungkir balikkan semua teori-teori bisnis dan marketing yang jauh dari realitas pasar yang di dengungkan oleh para akademisi. Buku ini betul-betul mencerminkan apa yang terjadi di lapangan dan bagaimana menghadapinya dengan cerdik tetapi sangat mudah. Buku ini mengupas dengan tuntas. Kalau Anda ingin memulai bisnis. Mulailah dari kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh pasar. Setelah itu kembangkan keunggulan bersaing di 5 titik paling menentukan keunggulan dalam bersaing. Selain itu, buku ini juga mengajarkan bagaimana strategi pengaturan keuangan yang pas-pasan tetap bisa membuat sebuah usaha kecil tumbuh menjadi raksasa dengan strategi leverage dan outsourcing. Buku ini menjelaskan dengan sangat gamblang. Bahwa untuk membuat bisnis kita meledak penjualannya. Kita harus mengikuti sebuah siklus yang di sebut 5 Siklus Marketing oleh Pak Laksita. Yaitu: 1. Mendapatkan pembeli baru sebanyak mungkin 2. Merubah mereka menjadi pelanggan kita secepatnya 3. Membuat mereka belanja lebih sering lagi dari kita 4. Membuat mereka belanja lebih banyak lagi dari kita 5. Mendapatkan refferal dari para pelanggan yang puas tersebut.. Betul-betul tidak terduga. Kalau sebuah bisnis di awalnya mempunyai 100 pelanggan. Dalam waktu singkat pertumbuhan jumlah pelanggannya bisa mencapai 1000 sampai 5000 orang jika berhasil menjalankan misi dari masing masing siklus tersebut. Yang detail dari strategi untuk menghadapi 5 siklus tersebut juga dijelaskan dengan sangat gamblangnya oleh Pak Laksita. Geometrical marketing effect yang dikenalkan oleh Pak Laksita juga sangat luar biasa untuk mendongkrak penjualan dalam waktu singkat dan cara yang sangat mudah .. Selain itu, hadiah Audiobooknya betul-betul mematahkan teory “Blue Ocean Strategy”. Ternyata di balik Red Ocean, malah terdapat jauh lebih banyak lagi ikan berlimpah yang bisa didapatkan dengan cara yang jauh lebih mudah lagi.. Buku Pak Laksita sedashyat coaching dan trainingnya.. Dengan mempraktekkan 5 siklus marketing didalam buku Pak Laksita. Saya sangat yakin, dalam hitungan minggu, kenaikan group penjualan saya pasti sangat significan.. Terima kasih atas ilmu luar biasanya di dalam buku tersebut..

0 komentar:

Posting Komentar