Senin, 26 Desember 2011

 Tugas presentasi
STRATEGI DAN PROGRAM PENETAPAN HARGA

Kelompok  VII  :
Natalius Sarira,A.Md.Pely.
Rusli
Jumriadi
Hamdan Mubarak
Erwin
Nina Risma Djannatin

Pokok Pembahasan:
A.    Memperkirakan Biaya
B.     Menganalisa Biaya dan Tawaran Penting.
Oleh Erwin
Nim 0912105 (perbaikan)
Mata Kuliah Manajemen Pemasaran
Dosen Bpk Muhammad Ilham Alimuddin

A.    Memperkirakan Biaya
Biaya merupakan sumber daya yang dikorbankan atau yang tidak dapat dihindari, untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dapat juga diartikan sesuatu yang nantinya akan ditukarkan (dengan keuntungan tertentu). Ada 2 jenis biaya, yaitu: terukur (tangible) dan tak terukur. Biaya biasa diukur dalam satuan mata uang.
Manajemen Biaya Proyek mencakup proses-proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek ini selesai dalam anggaran yang disetujui, yang meliputi:
1.      Estimasi biaya: Mengembangkan perkiraan atau estimasi biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek.
2.      Penganggaran (Budgeting) Biaya: alokasi estimasi biaya keseluruhan untuk item pekerjaan individu untuk menetapkan data dasar untuk mengukur kinerja.
3.      Pengendalian Biaya: Pengendalian perubahan anggaran proyek.

·         Permintaan menentukan batas harga tertinggi yg dapat dikenakan perusahaan terhadap produknya,dan biaya perusahaan menentukan batas terendahnya.
·         Perusahaan ingin menetapkan harga yg dapat menutupi biaya produksi,distribusi dan penjualan produk termasuk tingkat pengembalian investasi atas usaha dan resiko yg dilakukannya

A.    Jenis-jenis biaya dan level produksi
Biaya perusahaan ada dua jenis
1.      Biaya tetap (Over head): Adalah biaya-biaya yg tidak dipengaruhi oleh produksi ato penjualan.
2.      Biaya Variabel: Adalah biaya yg tergantung jumlah produksi bahan baku,dan berubah menurut level produksi.
Biaya Tetap dan Biaya Variabel ini dijumlahkan untuk tiap level tertentu disebut Biaya Total.
Biaya Rata-rata adalah biaya perunit untuk level produksi (Total biaya) dibagi produksi

B.     Produksi yg terakumulasi
Penetapan harga berdasarkan kurva pengalaman umumnya fokus pada biaya produksi manufaktur,tetapi semua biaya termasuk biaya pemasaran juga mengalami perbaikan.
C.    Tawaran pemasaran yg terdiferensial
Perusahaan mengadaptasikan persyaratan pembelian untuk memperkirakan profitabilitas sesungguhnya dengan menggunakan System Activity Based Cost (ABC) yaitu suatu system informasi akuntansi yg mengidentifikasikan berbagai aktifitas yg dikerjakan dalam suatu organisasi dan memgumpulkan biaya dengan dasar dan sifat yg ada,perluasan aktivitas memproduksi,mendistribusikan atau menunjang produksi yg bersangkutan.

D.    Penetapan biaya berdasarkan sasaran
Penetapan biaya berdasarkan sasaran ini dilakukan utk mengurangi biaya akibat usaha yg terpusat (perancang,teknisi,agen pembelian perusahaan).
Menetapkan fungsi-fungsi yg diinginkan dari suatu produk dengan memperhatikan daya tarik produk dan harga pesaing.

E.     Alat dan teknik dasar untuk perkiraan biaya:
 1) perkiraan top-down: menggunakan biaya yang sebenarnya dari sebuah proyek sebelumnya, sebagai dasar untuk memperkirakan biaya proyek saat ini.
2) perkiraan bottom-up: Melibatkan memperkirakan item pekerjaan individu atau kegiatan dan menjumlahkannya untuk mendapatkan total biaya proyek.
3) Pemodelan parametrik: karakteristik proyek Menggunakan (parameter) dalam model matematis untuk memperkirakan biaya proyek.
 4) alat bantu Komputerisasi, seperti spreadsheet dan perangkat lunak manajemen proyek, yang dapat memudahkan perkiraan biaya dan alat yang berbeda estimasi.

B.     Menganalisa Biaya dan Tawaran Penting.
Setiap perusahaan harus menghadapi persaingan yang semakin ketat sehingga perusahaan harus menghadapi suatu masalah yang memerlukan keputusan yang tepat unluk tetap bertahan dan memenangkan persaingan. Untuk nienghadapi hal ini, pihak manajemen mempunyal peranan penting untuk mengembangkan ide-ide baru dan mengambil keputusan yang tepat untuk rnenghadapi persaingan dengan pare kompetitor. Dengan ideide baru yang inovatif, metode produksi yang efektif dan efisien, pangsa pasar yang luas, serta penghematan biaya yang mungkin dilakukan akan mendukung manajemen untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Manajemen sangat membutuhkan informasi biaya masa yang akan datang atau biaya yang relevan dengan keputusan yang akan diambii Salah satu contoh:
pengambilan keputusan yang harus dihadapi oleh manajemen adalah pengambilan keputusan Ichusus, seperti menenma atau menolak special order. Oleh karena itu, dalam penelitian ml akan dianalisis penerapan konsep biaya relevan alas altematif menerIma atau menolak special order dan dampaknya terhadap laba perusahaan untuk produk Shelter Cabine PT Jalur Sejuk. Untuk mengambil keputusan yang tepat manajemen menganalisis dengan menerapkan konsep biaya relevan. Biaya relevan adalah biaya yang akan teriadi di masa yang akan datang dan berbeda diantara berbagal alternalif keputusan. Analisis
diiakukan dengan memisahkan antara informasi biaya yang relevan dan tidak relevan dalam altematif menerima atau menolak special order. Dengan ditenma atau tidaknya special order oleh perusahaan, biaya tetap produksi Shelter Cabine akan tetap terjadi. Dalam hal ml biaya tetap merupakan biaya yang tidak berhubungan atau tidak relevan dengan special order. Special order dapat diten ma jika harga penawaran special order masih diatas harga pokok produksi sehingga masih dapat menghasalkan contribution margin dan biaya relevan masih tebih rendah dan harga special order. Perusahaan dapat memanfaatkan idle capacity atau menambah jam kerja lembur atau mengorbankan penjualan reguler untuk memenuhi permintaaan special order.Dengan mengambil keputusan untuk menenma special order berdasarkan anahsis konsep biaya relevan yang tepat maka perusahaan dapat meningkatkan labanya.
  • Perusahaan harus memperhitungkan biaya pesaing,Harga pesaing,dan kemungkinan reaksi harga pesaing.
  • Jika tawaran perusahaan sama dengan pesaing utamanya,maka perusahaan harus menetapkan harga dengan harga pesaing atau ia akan kehilangan penjualannya.
  • Jika tawaran perusahaan lebih rendah mutunya,perusahaan tdk dapat menetapkan harga yg lebih tinggi dari pesaingnya.
  • Jika penawaran perusahaan lebih tinggi mutunya,perusahaan dapat menetapkan harga yg lebih tinggi dari pesaing.
  • Akan tetapi perusahaan harus menyadari bahwa pesaing dapat mengubah harganya sebagai tanggapan atas harga perusahaan.
Tugas resensi


Nama: ERWIN
Nim: 0912105
Kelas: ak 5 (perbaikan)

Judul buku: SANG PEMIMPI
ANDREA HIRATA,
HERNOWO, Editor senior

Mozaik 5
TUHAN TAHU, TAPI MENUNGGU
Sepenggal cerita dari Mozaik 5,yang menceritakan tentang kehidupan sebuah desa yang dipimpin berdasar kebesaran seseorang yang maapu mengangkat dan menjaga desa.pada hari itu,penjaga mesjidlah yang menjadi kepala kampung.
Didalam cerita dikatakan seorang anak bernama JIMBRON,
Jimbron adalah seorang yg membuat takjub dangan 3 macam keheranan. pertama, Dia seorang yang gagap,tetapi kalau mengaji ia sngat lah lncar. dia selalu diantar oleh seorang  pendeta,jimbron diasuh sejak sebatang kara,ia menjadi anak asuh sang pendeta. Namun, pendeta tak sedikit pun bermaksud mengonversi keyakinan jimbron. Keheranan kedua, jimbron sangat menyukai kuda. Kata orang ini berhubungan dengan sebuah flem di televisi balai desa yang ditonton seminggu sebelum ayahnya wafat.dalam flem tersebut tampak koboi membawa orang sakit dengan menunggangi kuda dengan kecepatan seperti angin, sehingga orang tersebut dapat terselamatkan. Barang kali jimbron manganggap nyawa ayahnya dapat dtolong jika ia membawa ayahnya kepuskesmas dengan menggunakan kuda, jikadikilas balik sebelum ayahnya meninggal ia dan ayahnya sempat naik sepeda bersama,akan tetapi waktu itu,penyakit jantung ayahnya kambuh,sontak jimbron mengangkat ayahnya dan menggayuh sepeda kepuskesmas,akan tetapi sebelum sampai ayahnya wafat.
Suatu hari pemimpin kampung marah besar, sebab jimbron melakukan kesalahan yang cukup besar, jimbron disuruh ketengah madrasah dan dipertontonkan pada ratusan santri.dan kami dilanda keheranan ketiga, jimbron senang bukan main dengan hukuman itu.
Menskipun jimbron senang dengan hukuman yang berhubungan dengan kuda,bagi arai hal tersebut amatlah keterlaluan, Maka dengan segala cara, arai dan kawan-kawan berusaha membalas. Cara yang paling aman ,sehingga paling sering arai lakukan adalah mengucapkan kata AMIN,dengan sangat tidak TUMA’NINAH. Cara ini sebernarnya
Setiap taikong (tokoh yang menghukum jimbron), menjadi imam dan setelah membaca akhiran alfatiha: “walad dholiiiiin
Maka mengundang kawin.
Aaaaaaaaaaamiiiiiiiiinn miiiiiiin mmiiiiiiiiiin.
Arai meliuk liukan suaranya dengan terang-terangan merobek robek wibawah taikong. suaranya yang nyaring berkumandang dangan lucu membuyarkan kekhusyuan umat.  Kami tidak bisa menahan cekikan sampai perut kaku. Kejahatan ini aman menurut arai sebab taikong suliit untuk menahan cekikan sampai perut kaku. Kejahatan ini aman menurut arai sebab taikong suliit untuk menemukan pelakunya diantara ratusan anak di shaff belakang,dan kami selau kompak melindungi arai.Menurut kami ini adalah balasan setimpal untuk taikong .namun lihat saja,kejahatan ini. Balasan tahun kemudian akan diganjar tuhandengan tunai melalui cara yang secuil apapun yang tak terpikirkan arai. Taikong hammin memang tak mengetahui tetapi tuhan mencatat dan tuhan akan membalas. Seperti kata Leo Tolstory: TUHAN TAHU TAPI MENUNGGU.

Manfaat buat saya sendiri setelah membaca Sepenggal cerita dari SANG PEMIMPI dari mozaik 5 TUHAN TAHU TAPI MENUNGGU:
            Sebuah pebalasan hendaklah tidak dilakukan,walaupun kita beranggapan cara tersebut aman dan dalam ukuran setimpal, setiap kejadian baik buruknya menurut kita akan tetapii ada maksud dan tujuan dari TUHAN untuk kita dalam menjalani kehidupan, sekian terimah kasih..
 

    0 komentar:

    Posting Komentar