Rabu, 21 Desember 2011

Nama:St.Farida
Akuntansi B5
10.12.122

TUGAS PRESENTASI 

Ringkasan Materi Diskusi (Kel.III)
Membangun Nilai,Kepuasan,Loyalitas Pelanggan dan Menganalisis Pasar Konsumen


Kepuasan Pelanggan
  Secara umum,Kepuasan(satisfaction)adalah perasaan senang ataupun kecewa seseorang yang timbul karena adanya hasil perbandingan antara kinerja yang dipersepsikan produk atau jasa dengan ekspektasi(harapan)sipembeli atau pelanggan.Jika hasil yang diperoleh atau dirasakan oleh pelanggan gagal memenuhi ekspektasi mereka maka akan muncul ketidakpuasan,begitupun sebaliknya.namun,ketika hasil yang diperoleh pelanggan mampu melebihi ekspektasi mereka maka pelanggan akan merasa sangat puas dan senang.
  Penilaian terhadap hasil kinerja dari produk atau jasa yang ada tergantung banyak faktor,terutama jenis hubungan loyalitas yang dimilki oleh pelanggan dengan sebuah Brand atau Merk.Meskipun demikian,hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan tidaklah proporsional.Namun,menciptakan kepuasan pelanggan bukanlah tujuan akhirnya karena untuk meningkatkan profitabilitasnya dapat dilakukan dengan cara lain diluar menciptakan kepuasan pelanggan,misal dengan meningkatkan proses manufaktur atau investasi lainnya.perlu diingat juga bahwa sebuah perusahaan tidak hanya perlu menciptakan kepuasan terhadap pelanggannya tetapi juga kepuasan terhadap para pemangku/Stakeholder dalam perusahaan itu sendiri karena hal ini juga sangat mendorong terbentuknya hasil kinerja yang bagus untuk menciptakan kepuasan pelanggan.
  Secara sistematis perusahaan kebanyakan mengukur tingkat kepuasaan pelanggan mereka dengan mengenali beberapa faktor-faktor yang membentuk kepuasan pelanggan, dan melakukan perubahan dalam operasi dan pemasaran mereka.perusahaan akan bertindak bijaksana untuk mengukur kepuasan pelanggan secara teratur karena salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan.Pelanggan yang sangat puas biasanya tetap setia untuk waktu yang lebih lama,membeli lagi ketika ada produk baru dan memperbaharui produk lama,membicarakan hal-hal baik tentang perusahaan dan produknya kepda orang lain,tidak terlalu memprhatikan merk dan tidak terlalu sensitif terhadap harga.
  Ada sejumlah metode yang sering digunakan untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan.diantaranya,dengan melakukan Survei berkala untuk melacak kepuasan pelanggan secara langsung dan juga mengajukan pertanyaan tambahan untuk mengukur niat pembelian kembali dan kemungkinan atau kesediaan responden untuk merekomendasikan suatu perusahaan atau merk kepada orang lain.selain mengadakan survei berkala,perusahan dapat mengamati tingkat kehilangan pelanggan dengan menghubungi pelanggan yang berhenti membeli atau beralih ke pemasok lain untuk mengetahui alasannya.teakhir,perusahaan dapat memperkerjakan Pembelanja Misterius untuk berperan dalam membeli produk perusahaan maupun pesaingnya.
  Kepuasan pelanggaan bagi sebagian perusahaan yang berpusat pada pelanggan memegang pengaruh yang sangat besar,sehingga perusahaan haruslah lebih baik lagi dalam memperhatikan tingkat kepuasan pelanggannya.Namun,memperhatikan kepuasan pelanggaan tidak hanya sebatas mencatat keluhan mereka dan menyelesaikannya dengan cepat dan mendapatkan kata-kata”Terimakasih,saya sangat puas”.meskipun hanya kisaran 25% yang menyampaikan keluhan mereka dengan alasan yang berbeda.dengan kisaran hanya 25% ini mampu menghasilkan ribuan keluhan dibandingkan 75% mengatakan puas.dimana ketika 1 orang dari 25% ini mampu menyampaikan keluhan mereka kepada 11 orang lain dan jika masing-masing orang ini menyampaikan kepada orang lain lagi maka keluhan dan potensi kehilangan pelanggan akan berlipat ganda dan  berbanding dengan 1 orang yang merasa puas hanya akan bercerita pada 5 orang saja.
  Selain itu,Kualitas produk dan jasa juga sangat mempengaruhi tingkat kepuasan.ada dua(2) hal yang sangat erat kaitannya dengan kepuasan yaitu Kualitas dan profitabilitas perusahaan.semakin tinggi tingkat kualitas suatu produk atau jasa maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dihasilkannya.studi telah memperlihatkan korelasi/hubungan yang tinggi antara kualitas produk relatif dan profitabilitas perusahaan,perusahaan yang menurunkan biayanya terlalu jauh akan menerima akibatnya ketika kualitas pengalaman pelanggan menurun.
  Faktanya,sesempurna apapun rancangan dan implementasi sebuah program pemasaran,kemungkinan kesalahan akan terjadi.Hal terbaik yang perlu dilakukan perusahaan adalah mempermudah pelanggan dalam memperoleh produk dan jasa.mempermudah pula dalam menyampaikan saran dan keluhan mereka.mengingat besarnya dampak dari keluhan pelanggan yang tidak puas,penting bagi pemasar untuk menangani pengalaman negatif dengan cepat untuk menciptakan Kepuasan Pelanggan.Dengan kepuasan yang tinggi akan menimbulkan loyalitas pelanggan yang tinggi pula sehingga dari kepuasan pelanggaan yang menjadi tujuan juga mampu menjadi sarana pemasaran yang menciptakan profit yang besar.

TUGAS RESENSI




RESENSI BUKU
Judul Buku:Percepatan Rezeki,Dalam 40 Hari Dengan Otak  Kanan
Pengarang:Ippho Santoso
Penerbit:Elex Media Komputindo
Harga:Rp.69.800

   Buku ini adalah salah satu kesatuan yang tak terpisahkan dari buku Megabestseller 7 Keajaiban Rezeki.dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami dengan pendekatan otak kanan yang menitik beratkan pada EQ&pikiran bawah sadar kita,tanpa harus berlama-lama dalam memikirkan sesuatu(spontan),berasumsi tidak ada yang mustahil(imajinatif)dan berbasis hubungan(interpersonal) khas otak kanan,menunjukan inti segala inti,rezeki di atas rezeki & menyingkap Keajaiban Ke-8 yang mengerakkan 7 Keajaiban Rezeki.
   Lebih lanjut bukan Cuma mengandalkan pendekatan-pendekatan otak kanan,buku ini juga mengedepankan sentuhan-sentuhan islami,membahas tentang bagaiamana memanfaatkan Warisan Nabi dengan meneladani keteladanan kekayaan&sikap,Piagam Tertinggi tentang delapan alasan untuk pamrih,berharap&meminta dalam beramal,Koin Keberuntungan&3 Komoditas Termahal yakni Ibadah,Sedekah,& Sholat Sunnah,Puncak Kenikmatan&3 Rahasia Besar Kesehatan yakni Shalat Tahajjud,Air&Anti rokok,Akar Serabut Kerugian&Cara Mengatasinya,tenatng bagaimana menjadikan kerja&usaha sebagai bentuk ibadah tertinggi.dan Investasi Gaib&8 Benefit Sedekah,bahwa Sedekah Pasti dibalas nggak pake insya allah,nggak pake lama,nggak harus ikhlas,dan jor-joran itu penting,pamrih juga penting.Sehingga dengan membaca buku ini pembaca dapat menemukan jawaban & memetik hasil implementasi dari buku 7 Keajaiban Rezeki.

0 komentar:

Posting Komentar