Rabu, 21 Desember 2011

Nama:Nory Andri Wibowo
Akuntansi B5
10.12.029

Ringkasan Materi Diskusi (Kel.III)
Membangun Nilai,Kepuasan,Loyalitas Pelanggan dan Menganalisis Pasar Konsumen


TUGAS PRESENTASI

MEMBANGUN NILAI
  Nilai merupakan sejumlah manfaat,baik yang berwujud ataupun tidak berwujud.satu-satunya nilai yang dapat diciptakan perusahaan anda adalah nilai yang berasal dari pelanggan, nilai ini adalah nilai yang dimiliki perusahaan sekarang dan nilai untuk masa depan.Nilai yang dipersepsikan oleh pelanggan didasarkan pada selisih antara apa yang telah dia berikan untuk kemungkinan pilihan yang berbeda dan apa yang didapatkan pelanggan.pelanggan mendapatkan manfaat dan menanggung biaya.pemasar dapat meningkatkan nilaipenawaran pelanggan melalui beberapa kombinasi peningkatan manfaat ekonomi,fungsional,atau emosional dan atau mengurangi satu jenis biaya atau lebih.
  CPV(Customer perceived Value) seringkali dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan dibanding pesaingnya,dan merupakan kerangka kerja berguna yang diterapkan dalam banyak situasi dan menghasilkan pandangan yang kaya.
  Dalam menganalisis nilai pelanggan,perusahaan biasanya menggunakan beberapa langkah,untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaannya terhadap kekuatan dan kelemahan pesaingnya.adapun beberapa langkah tersebut adalah:
a.       Mengidentifikasi atribut-atribut dan manfaat utama yang dinilai pelanggan-penerapannya,Pelanggan ditanyai apa tingkat atribut,manfaat.dan kinerja yang mereka cari dalam memilih produk dan penyedia layanan.
b.      Menilai arti penting kuantitatof dari atribut-atribut dan manfaat yang berbeda-pelanggan diminta memeringkat arti penting berbagai atribut dan manfaat.jika peringkat mereka jauh berbeda,pemasarharys mengelompokkan mereka ke dalam berbagai segmen.
c.       Menilai kinerja perusahaan dan pesaing berdasarkan nilai pelanggan yang berbeda dan membandingkannya dengan peringkat arti pentingnya-pelanggan menggambarkan ditingkat mana mereka melihat kinerja perusahaan dan pesaing pada setiap atribut dan manfaat.
d.      Mempelajari bagaimana pelanggan dalam segment tertentu menentukan peringkat kinerja perusahaan terhadap pesaing utama tertentu berdasarkan suatu atribut atau manfaat-jika tawaran suatu perusahaan melebihi tawaran pesaing atas semua atribut dan manfaat penting,perusahaan dapat mengenakan harga yang lebih tinggi(sehingga menghasilkan laba yang lebih tinggi),atau perusahaan dapat mengenakan harga yang sama dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih banyak
e.       Mengamati nilai pelanggan sepanjang waktu-secara berkala,perusahaan harus mengulangi studi nilai pelanggan dan posisi pesaing ketika terjadi perubahan dalam hal ekonomi,teknologi,dan fitur.

Mengahantarkan nilai pelanggan yang tinggi dapat dilakukan dengan beragam tingkat loyalitas baik terhadap merk,toko,dan perusahaan..sistem penghantaran nilai ini meliputi semua pengalaman yang akan didapatkan pelanggan dalam proses memperoleh dan menggunakan penawaran.inti dari sistem penghantaran nilai yang baik adalah sekumpulan proses bisnis inti yang membantu perusahaan menghantarkan nilai konsumen yang berbeda.

  Karena pelanggan adalah pemaksimal nilai,mereka akan membentuk ekspektasi nilai dan bertindak berdasarkan nilai tersebut.pembeli akan membeli dari perusahaan yang mereka anggap menawarkan nilai tertinggi yang dapat dihantarkan kepada pelanggan,yang didefinisikan sebagai selisih antara total manfaat pelanggan dan total biaya pelanggan.


Tugas Resensi Buku


Judul     : Sang Pencerah   
Penulis   : Akmal Nasery Basral
Penerbit : Hikmah
Tanggal terbit : Agustus - 2010  
Kategori : Sejarah Agama

Semua orang di Indonesia tahu dan pasti pernah mendengar tentang organisasi keagamaan Muhammadiyah. Mungkin beberapa juga tahu bahwa pendirinya adalah Kyai Haji Ahmad Dahlan, yang merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Namun, tak banyak yang mengikuti jejak perjalanannya. Tak banyak yang paham idealismenya, perjuangannya, dan suka duka kehidupannya. Apa yang membuat dia mendirikan Muhammadiyah? Apa visi dan misi yang ada dalam pemikirannya?   

Mungkin ada beberapa buku biografi atau sejarah mengenai sosok kontroversial yang mengagumkan ini, bahkan nama dan kiprahnya pasti merupakan salah satu yang harus dihafalkan oleh anak sekolah. Namun, seberapa banyak yang bisa ikut menyelami kehidupan seorang tokoh yang dikisahkan dalam buku sejarah? Yang ada hanya tahun-tahun dan nama-nama, dan peristiwa yang disingkat sedemikian rupa. Padahal, memahami sepak terjang KH Ahmad Dahlan sungguh menarik jika dilakukan dengan cair, luwes, dan penuh muatan emosi.  

Dan semua ini terjawab sudah di novel teranyar tentang KH Ahmad Dahlan ini. Dimulai dari keinginan membuat film mengenai tokoh ini, novelnya yang berjudul sama, SANG PENCERAH, pun digarap serentak, secara maksimal. Hanung Bramantyo sebagai sutradara dan penulis skenario serta Akmal Nasery Basral sebagai novelisnya. Setiap kejadian yang berpengaruh dalam hidup KH Ahmad Dahlan diteliti secara saksama dan menyeluruh, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa yang asyik dibaca. Hasilnya adalah sosok KH Ahmad Dahlan yang dikisahkan dengan begitu cerdas, begitu nyata, seolah-olah kita diajak langsung mengenal sosok pemuda yang bernama asli Muhammad Darwis ini. Gejolak batin dan jiwanya, pertanyaan-pertanyaan yang pernah hinggap di benaknya, semua diungkap dengan begitu simpatik. Sejarah tak pernah sama jika dikisahkan dari kacamata seorang novelis.

Ini bukan sekadar novel biasa, karena topiknya yang unik dan karena penerbitannya yang bersamaan dengan 100 Tahun Muhammadiyah. Di kesempatan yang terjadi hanya sekali ini, alangkah idealnya jika kita menilik kembali perjalanan dan perjuangan KH Ahmad Dahlan dengan cara yang berbeda. Novel ini sungguh wajib dibaca semua orang, khususnya umat Muslim, karena saat menelusuri jejak tokoh fenomenal ini, begitu banyak hal yang akan kita dapatkan, begitu banyak pemikiran yang bisa kita selami, juga ada begitu luas hamparan ilmu yang patut kita renungi bersama, mengenai makna Islam yang sesungguhnya.

0 komentar:

Posting Komentar