Jumat, 30 Desember 2011


Tugas Presentasi

Nama : Sukmawati
Kelas   : Akuntansi B5
Nim     : 10.12.135

Ringkasan materi diskusi Klp. 3
Membangun nilai, kepuasan, loyalitas pelanggan dan menganalisis pasar konsumen

PROSES PSIKOLOGIS KUNCI
Rangsangan pemasaran dan lingkungan memasuki kesadaran konsumen, dan sekelompok proses psikologis digabungkan dengan karakteristik konsumen tertentu menghasilkan proses pengambilan keputusan dan keputusan akhir pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen anatara kedatangan rangsangan pemasaran dari luar dan keputusan pembelian akhir.

PERSEPSI
Dalam pemasaran, persepsi lebih penting daripada realitas karena persepsi konsumen mempengaruhi perilaku aktual konsumen. Persepsi adalah proses dimana kita memilih, mengatur, dan menerjemahkan masukan informasi untuk  menciptakan gambaran dunia yang berarti. Maksudnya bahwa persepsi tidak hanya tergantung pada rangsangan fisik, tetapi juga pada hubungan rangsangan terhadap bidang yang mengelilinginya dan kondisi dalam setiap diri kita. Orang bisa mempunyai persepsi berbeda tentang obyek yang sama karena tiga proses pemahaman yaitu :
·         Atensi selektif adalah alokasi pemrosesan kapasitas terhadap beberapa rangsangan.
·         Distorsi selektif adalah kecenderungan untuk menerjemahkan informasi dengan cara yang sesuai dengan konsepsi awal kita.
·         Retensi selektif adalah pengulangan untuk memastikan pesan mereka atau konsumen tidak diabaikan.

PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MODEL LIMA TAHAP
Proses psikologis dasar memainkan peranan penting dalam memahami bagaimana konsumen benar-benar membuat keputusan pembelian. Konsumen melalui lima tahap yaitu :
1.      Pengenalan masalah
            Pemasar harus mengidentifikasi keadaan yang memicu kebutuhan tertentu dengan mengumpulkan informasi dari sejumlah konsumen. Lalu mereka dapat mengembangkan strategi pemasaran yang memicu minat konsumen. Terutama untuk pembelian fleksibel seperti barang-barang mewah, paket liburan dan pilihan liburan, pemasar mungkin harus meningkatkan motivasi konsumen sehingga pembelian potensial mendapat pertimbangan serius.
2.      Pencarian informasi 
Pemasar harus mengidentifiakasi hierarki atribut yang memandu pengambilan keputusan konsumen untuk memahami berbagai kekuatan persaingan dan bagaimana berbagai kumpulan ini terbentuk. Hierarki atribut juga dapat mengungkapkan segmen  pelanggan.
3.      Evaluasi alternatif
Beberapa konsep dasar yang akan membantu kita memahami proses evaluasi : pertama, konsumen berusaha memuaskan sebuah kebutuhan. Kedua, konsumen mencari manfaat tertentu dari solusi produk. Ketiga, konsumen melihat masing-masing produk sebagai sekelompok atribut dengan berbagai kemampuan untuk menghantarkan manfaat yang diperlukan untuk memuaskan kebutuhan ini.
4.      Keputusan pembelian
Dalam tahap evaluasi, konsumen membentuk preferensi antarmerek dalam kumpulan pilihan. Konsumen mungkin juga membentuk maksud untuk membeli merek yang paling disukai. Dalam melaksanakan maksud pembelian, konsumen dapat membentuk lima subkeputusan yaitu merek, penyalur, kuantitas, waktu dan metode pembayaran .
5.      Perilaku pascapembelian
Setelah pembelian, konsumen mungkin mengalami konflik dikarenakan melihat fitur mengkhawatirkan tertentu atau mendengar hal-hal menyenangkan tentang merek lain dan waspada terhadap informasi yang mendukung keputusannya. Karena itu tugas pemasar tidak berakhir dengan pembelian. Pemasar harus mengamati kepuasan pascapembelian, tindakan pascapembelian, dan penggunaan pascapembelian


MENENTUKAN PROFIL PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN
Pemasar dapat memikirkan bagaimana mereka sendiri akan bertindak, dalam metode introspektif. Mereka dapat mewawancara sejumlah kecil pembeli baru, meminta mereka mengingat kejadian yang menyebabkan mereka melakukan pembelian, dlam metode retrospektif. Mereka dapat menggunakan metode prospektif untuk menemukan konsumen yang berencana membeli produk dan meminta mereka menceritakan jalan pikiran dalam proses pembelian yang mereka lalui, atau mereka dapat meminta konsumen menjelaskan cara ideal untuk membeli produk, dalam metode preskriptif.

Tugas resensi buku

 

Judul Buku      : 5 Matahari
Penulis            : Budi S. Tanuwibowo
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah hal      : 185 hal

Buku 5 matahari ini disajikan dalam cerita, kisah, dialog, dan percakapan antara guru bijak dan muridnya. Bahasa yang ringan, tetapi mengandung pesan-pesan yang inspiratif. Selain itu, pesan yang disampaikan juga berupa pesan moral dan banyak keyakinan. Menceritakan tentang pengalaman hidup mengajarkan kita bahwa pintar saja tidak cukup, melainkan kita juga perlu bersikap bijak yang mana harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca buku ini serasa kita diajak menjelajahi alam kearifan, kebajikan dan keteladanan sehingga tercipta suasana damai dan lancar tanpa membuat kening berkerut saat membacanya. Dialog yang menyajikan nasihat tanpa merasa dinasihati dan diajak melihat realita kehidupan dengan pelajaran ke arah hidup yang lebih baik serta bijaksana tanpa merasa digurui.
Lebih jelasnya lagi buku ini mengajak kita berpikir dan belajar dari alam, khususnya teladan orang-orang bijak. Salah satu contoh yang diambil dari matahari tersimpul ajaran bahwa pemimpin harus dapat memberikan penerangan kepada bawahan dan memberikan kekuatan berupa motivasi. Bawahan harus diberi kesadaran akan tanggungjawabnya dan benar-benar  mengerjakan tugasnya. Kalau kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, matahari memancarkan sinar ke segala pelosok dunia dan menerangi seluruh alam semesta tanpa pandang tempat, rendah dan tinggi. Karena itu, pemimpin hendaknya memiliki sifat seperti matahari yang mampu memberikan semangat dan kekuatan pada kehidupan yang penuh dinamika, sebagai sumber energi dan penerangan. Hal ini dikenal dengan Surya Brata dari salah satu Asta Brata.

0 komentar:

Posting Komentar