Senin, 19 Desember 2011

Tugas Presentasi

STRATEGI DAN PROGRAM PENETAPAN HARGA

Kelompok  VII  : 
Natalius Sarira,A.Md.Pely.
Rusli
Jumriadi
Hamdan Mubarak
Erwin
Nina Risma Djannatin



Pokok Pembahasan: 5.Memilih Metode Penetapan Harga
Oleh Natalius Sarira,A.Md.Pelayaran
Nim 1121001 (Transfer)
Mata Kuliah Manajemen Pemasaran
Dosen Bpk Muhammad Ilham Alimuddin

Perusahaan biasanya memilih satu atau lebih dari metode penetapan harga dari tiga pertimbangan kurva permintaan pelanggan (Customer’s demand schedule), Fungsi biaya (Cost function), dan harga pesaing (Competitor’s prices).
Beberapa metode penetapan harga
1.Penetapan harga mark up ( mark up pricing)
Adalah dengan menambahkan biaya mark up standar terhadap produk yg kemudian dijadikan laba. Tentukan biaya perunit dan persen (%) yg diinginkan.
Dengan Rumus: Harga Beli + Mark Up = Harga Jual
Contoh: Beli sepatu merk “X” seharga Rp.300.000,- Kemudian keuntungan yg diinginkan sebesar Rp.50.000,-        dengan mengikuti rumus maka diperoleh harga jual sebesar Rp.300.000,- + Rp.50.000,- = Rp.350.000,-
Jadi Penetapan Harga Mark Up ini merupakan kelebihan harga jual diatas harga belinya,setelah memperhitungkan sejumlah biaya lainnya seperti ongkos transport.

2.Penetapan harga berdasarkan sasaran pengembalian (Target return pricing)
Dimana Perusahaan menentukan harga yg akan menghasilkan tingkat pengembalian atas investasi (Return On Investment) yang diinginkan.
ROI (Return On Investment) Merupakan  jumlah pendapatan dinyatakan dalam persen terhadap modal perusahaan,yaitu modal dibagi pendapatan sebelum pendapatan bunga,pajak,dan deviden,ditujukan untuk menilai alternative penggunaan modal terbaik atau untuk mengarahkan perhatian menejemen kepada pelaksanaan usaha secara keseluruhan.

3.Penetapan harga berdasarkan nilai yg dipersepsikan (Perceived value)
Perusahaan menetapkan harga dari persepsi pembeli sebagai kunci.
Perusahaan menggunakan berbagai variable non harga dalam bauran pemasaran utk membentuk nilai yg dipersepsikan dalam pikiran pembeli.
Penetapan harga berdasarkan nilai yg dipersepsikan (Perceived value) merupakan penetapan harga berdasarkan nilai yg dipersepsikan pelanggan sesuai dengan pemikiran penentuan posisi produk.
Contoh: Aqua menggunakan strategi ini dengan memasang harga sesuai dengan yg dipersepsikan pelanggan yaitu air yg dianggap jernih dan sehat,sehingga memasang harga mahalpun tetap laku.
Dengan kata lain Penetapan  harga berdasarkan nilai yg dipersepsikan (perceived value) yakni melihat persepsi pembeli,bukan biaya penjualan sebagai kunci utk menetapkan harga.

4.Penetapan harga nilai (Value Based pricing)
Pendekatan value based pricing, berhasil membangun skema harga yang lebih baik dan lebih memahami apa-apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan.
1.      Fokus kepada Nilai Pelanggan.
Lebih  menekankan pada berbagai manfaat Produk, baik manfaat fungsional atau emosional yang dapat diterima pelanggan dari produk tersebut,dibandingkan iklan dan harga yg ditawarkan.

2.      Memberikan Diferensiasi Pada Produk Dan Layanan.
Produk atau layanan yang diberikan harus memiliki nilai yang lebih tinggi dari pesaing,berdasarkan nilai atau manfaat yg diberikannya.

3.       Mengerti dan Mengkomunikasikan Semua Sumber Nilai yang Potensial.
memahami apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan,mengkomunikasikan manfaat dari produk kepada pelanggan bahwa produk yang pelanggan konsumsi mempunyai manfaat bagi dirinya,melebihi harapan dari pelanggan, maka besar kemungkinan akan menciptakan pelanggan yang loyal.
Penetapan harga nilai (Value Based Pricing) yakni menetapkan harga yg cukup rendah untuk tawaran yg bermutu tinggi,dan harga menggambarkan kualitas.

5.Penetapan harga sesuai harga berlaku (going rate pricing)
Going Rate Pricing juga dapat diartikan penetapan harga rata-rata,penetapan harga ini dengan alasan perusahaan kesukaran dalam mengukur biaya dan kesulitan untuk mengetahui reaksi dari para pembeli dan saingan. Akhirnya dari pada menggangu keseimbangan harga dipasar lebih baik mengikuti harga yg berlaku dipasar.
Perusahaan dapat mengenakan harga yg sama,lebih tinggi,atau lebih rendah dari harga pesaing utamanya,sesuai harga yg berlaku,yg dianggap mencerminkan kebijakan bersama dan tidak membahayakan keselarasan industry.


6.Penetapan harga tender tertutup
Penetapan harga yg kompetitif umumnya digunakan jika perusahaan mengikuti tender tertutup atas suatu proyek. Perusahaan menentukan harga berdasarkan perkiraannya tentang bagaimana pesaing akan menetapkan harga dan bukan berdasarkan hubungan yg kaku dengan biaya atau permintaan perusahaan


Tugas resensi 




Judul Buku  “The 7-40 Journey”  7 Prinsip yg akan mengubah hidup anda dalam 40 hari
Penerbit  PT.HARVEST CITRA SEJAHTERA ,Jl.Kaji N0.28 Jakarta 10130 Indonesia. Anggota IKAPI No.052/DKI/97 CBA member 374706
Tebal buku 175 halaman.
Penulis DR.Jimmy B.Oentoro ,Motivator  yg telah banyak memberikan inspirasi kepada banyak org,dengan bahasa yg sederhana dan mudah dipahami.
The 7-40 Journey adalah sebuah buku yang mengajak kita untuk menemukan jati diri kita yg sesungguhnya,memaksimalkan kemampuan kita sebagai manusia ,menemukan sebuah tambang emas kepribadian dalam diri manusia,mengenali kekuatan org-org disekitar kita,mengenali pentingnya tujuan hidup dan percaya pada impian kita,menghargai pekerjaan kita,mengenali nilai kehidupan batin kita yg sangat kaya dan kekuatan cinta yg abadi.
 Dalam memaksimalkan potensi manusia,beliau mengajak kita memasuki alam “perubahan” sebuah tempat yg indah,dimana kita dapat melihat gunung gunung “kepribadian” yg kokoh,merasakan sinar matahari “masa depan” yg sangat cerah,berendam dalam segarnya sungai “suka cita” dilembah “kedamaian”.
7 Prinsip yg akan mengubah  hidup kita,dikemas dalam pelajaran selama 40 hari.
Mengapa hanya 7 Prinsip yg digunakan?
 7 Prinsip yg digunakan merupakan lambang kesempurnaan dari sebuah penciptaan,tahukan kita bahwa alam semesta ini diciptakan dalam 7 hari,atau tahukah kita bahwa  dalam budaya masyarakat jawa  membuat upacara 7 bulan untuk wanita hamil. 7 Prinsip mencerminkan 7 Keunggulan dalam langkah menciptakan paradigma yg baru.


Mengapa harus 40 hari?
40 hari merupakan waktu yg cukup untuk mengadakan perjalanan batin,bermeditasi,merenungi kehidupan kita dan mengadakan perubahan-perubahan mendasar dalam kehidupan. Dalam beberapa budaya dikatakan 40 hari setelah seorang anak dikandung,barulah jiwa anak tersebut bersatu dengan tubuhnya. Dalam masyarakat sunda ada sebuah upacara untuk bayi yg berusia 40 hari,mereka membagikan makanan pada tamu dan tetangga. Dalam dunia kedokteran  mencatat bahwa aktifitas syaraf dimulai 40 hari setelah konsepsi. 40 hari melambangkan wkt yg telah genap atau cukup utk menghilangkan semua keragu-raguan,waktu untuk memulai sebuah kehidupan yg baru. Angka 40 melambangkan kelahiran,kelahiran kembali dan perubahan menjadi sesuatu yg baru,setelah melalui jangka waktu yg tertentu.
Sebuah perubahan yg akan membawa kita pada “kelahiran kembali” menjadi seorang  dengan citra dan jati diri yg baru.  Beliau memperingatkan kita agar tdk lupa membawa bekal dalam perjalanan,7 prinsip keunggulan yg akan membawa kesempurnaan dalam hidup kita.
Prinsip-prinsip ini lahir dari perenungan yg dalam dari prinsip-prinsip kehidupan Sebuah sosok pribadi yg telah mengalami segalanya,yg beliau sebut dengan nama SANG MAESTRO. Prinsip ini adalah prinsip kehidupan yg umum,yg dapat berlaku utk setiap org dari setiap budaya bahkan setiap agama,nilai-nilai luhur yg dicantumkan adalah nilai-nilai hikmat yg tdk luntur oleh perubahan jaman.
7 Prinsip keunggulan yg diutarakan dlm buku ini antara lain
1.       Siapa yang anda cari?
Sebuah prinsip keunggulan untuk mengenali nilai-nilai kekuatan orang-orang disekitar anda.
Apakah anda tahu siapa yg anda cari? Dengan siapa anda berjalan? Kemana mereka membawa anda? Orang-orang yg berjalan bersama anda ikut menentukan keberhasilan anda.
2.       Seorang memanggil namamu
Sebuah prinsip keunggulan utk mengenali nilai-nilai tambang emas dalam diri anda.
Betapa pentingnya nama anda,karena nama mengandung pengharapan dan nilai-nilai karakter yg diharapkan pada sang pemilik. Nama baik lebih berharga dari pada harta. Dan bila seseorang tahu bahwa Sang Maestro memanggil nama mereka secara pribadi,mengenal dan menjaga hidup mereka,maka pasti cara memandang dan menjalani kehidupan akan berubah total.
3.       Hidup dengan Tujuan dan Kuasa
Sebuah Prinsip keunggulan utk mengenali kuasa dalam impian anda.
Bayangkan bila anda melakukan perjalanan tetapi tidak tahu kemana anda akan pergi dan hanya berputar-putar tanpa arah,perjalanan semacam ini akan membuat orang frustasi. Tiap org memerlukan sebuah tujuan utk hidup,dan Sang Maestro mengajak anda utk memiliki kehidupan yg penuh arti dan penuh kuasa, “Ikutlah Aku…” demikian katanya.
4.       Raihlah Kemenangan
Sebuah prinsip keunggulan untuk mengenali langka-langkah iman menuju kemenangan.
Hanya dengan iman,seseorang dapat mencapai tujuannya. Iman adalah seperti sebuah kendaraan yg membawa anda dari awal perjalanan menuju tujuan anda.
5.       Tebarkan jalamu didunia usaha
Sebuah prinsip keunggulan utk mengenali nilai-nilai pekerjaan anda.
Bagian ini menjabarkan tips-tips yg dinamis bagaimana caranya menebarkan jala untuk mendapatkan keuntungan bagi usaha anda. Usaha anda sangat penting,bukan hanya utk mendapatkan nafkah atau mengekspresikan kemampuan kita,tetapi usaha kita dapat membawa dampak yg positif bagi banyak kehidupan banyak orang.
6.       Sarapan pagi bersama Sang Maestro
Sebuah prinsip keunggulan utk mengenali nilai kehidupan batiniah yg kaya.
Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi erat hubungannya dgn kesuksesn seseorang .
Orang-orang yg makan pagi lebih kreatif dan penuh energy dibandingkan mereka yg tidak makan pagi. Demikian pula,sarapan pagi bersama Sang Maestro akan member hikmat dan kekuatan bagi anda utk menjalani hari-hari anda.

7.       Cinta yang penuh resiko.
Sebuah prinsip keunggulan utk mengenali nilai kekuatan cinta yg abadi.
Kenali kekuatan sebuah cinta,yg tdk hanya dpt mengubah org-org yg menerimanya,tetapi juga org-org yg membagikannya,sebuah cinta dibutuhkan oleh dunia saat ini.

Tujuh prinsip inilah yg perlu dibawa dalam perjalanan,tujuh prinsip yg telah mengubah miliaran manusia sejak jaman dahulu,tujuh prinsip yg telah mengubah keadaan dunia,tujuh prinsip ini adalah rambu-rambu dalam perjalanan kehidupan,rambu-rambu prinsip dan tujuan dalam hidup.
Satu hal yang paling penting dalam perjalanan ini,yaitu membuka hati dan pikiran kita utk bisa melihat pengalaman dan pandangan-pandangan baru. Penting utk memiliki hati seorang murid,yg siap sedia utk belajar,dan mengadakan perubahan. Perubahan bukan sekedar penting utk hidup,perubahan adalah hidup itu sendiri,kita tidak bisa menjadi apa yg kita inginkan dengan cara mempertahankan apa adanya kita saat ini. Namun perubahan juga ada harganya,perubahan tidak dapat terjadi tanpa “rasa tidak nyaman” atau bahkan kadang mengakibatkan rasa sakit. Ada nada ketidakpastian dalam sebuah perubahan. Kadang juga ada sedikit kesedihan karena kita harus meninggalkan sesuatu dari masa lalu. Untuk beberapa org,perubahan berarti kehilangan. Krn itulah beberapa org mengambil sikap bermusuhan terhadap perubahan. Mereka tdk menolak perubahan,tetapi mereka menolak utk diubah.
Jadi,kita setuju bahwa perubahan itu harus terjadi untuk kemajuan kita, walaupun mungkin ada rasa tidak nyaman,ada tantangan atau ketidakpastian. Lalu bagaimana supaya kita sampai pada tujuan perjalanan kehidupan kita? Bagaimana menyiasati perubahan? Miliki:  Harapan
Tanamkan harapan dalam hati sebagai benih kekuatan untuk berubah. Dan bangun harapan melalui kekuatan pemikiran.


Manfaat
Buku ini menuntun sy menemukan kekuatan dalam pandangan dan pola pikir sy yg lebih berkembang. Usia yg semakin bertambah tua dan dewasa,kebingunan dan rasa kekawatiran menghadapi masa depan yg siap dijalani,membuat sy mencari motivasi yg baru yg dapat mengubah pola pikir sy. Buku ini menuntun sy menemukan jalan itu,dengan bahasanya yg sederhana namun kuat,menguraikan prinsip-prinsip dasar hidup.




“Saat Anda mengubah pikiran,Anda mengubah harapan Anda.
Bila harapan Anda berubah,maka tindakan Anda berubah.
Bila tindakan Anda berubah,maka ada perubahan dalam hasil yang Anda Capai.”
Jimmy B.Oentoro
                                                                                                                                                

0 komentar:

Posting Komentar