Kamis, 29 Desember 2011


TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

Nama              :           USRAN
NIM                :           10.12.132
Kelas               :           Akuntansi B5
Kelompok      :           6 (Enam)
KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI PRODUK
Banyak orang berpikir bahwa sebuah produk merupakan tawaran berwujud, namun produk sebenarnya bisa lebih dari itu. Produk adalah segala sesuatu yang dapaaat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk-produk yang dipasarkan meliputi barang fisik, jasa, pengalaman, acara-acara, orang, tempat, properti, organisasi, dan gagasan.
Klasifikasi Produk
Secara tradisional, pemasar mengklasifikasikan produk berdasarkan ciri-cirinya: daya tahan, wujud, dan penggunaan (konsumen atau industri). Setiap jenis produk memiliki startegi bauran pemasaran yang sesuai.
1.      Daya Tahan dan Wujud
Produk dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok menurut daya tahan dan wujudnya, yaitu:
a.       Barang yang tidak tahan lama (non-durable goods) adalah barang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan seperti bir dan sabun. Karena dikonsumsi dengan cepat dan sering dibeli, strategi yang tepat adalah menyediakannya di berbagai lokasi, mengenakan margin yang kecil, memasang iklan besar-besaran dan membangun preferensi.

b.      Barang tahan lama (durable goods) adalah barang berwujud yang biasanya tetap bertahan walaupun sudah digunakan berkali-kali; lemari es, peralatan mesai, dan pakaian. Produk tahan lama biasanya memerluka penjualan dan pelayanan yang lebih pribadi, mempunyai magrin yang lebih tinggi, dan memerlukan lebih banyak graansi dari penjual.

c.       Jasa (service) adalah produk-produk yang tidak berwujud, tidak terpisahkan, dan mudah habis. Akibatnya, proudk ini biasanya memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas pemasok, dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi. Contoh, salon kecantikan.


2.      Klasifikasi Barang Konsumen
Begitu banyak jenis produk yang dibeli konsumen dapat diklasifikasikan berdasarkan kebiasaan belanja. Kita dapat membedakan antara lain:
a.       Barang sehari-hari (convenience goods), dibeli pelanggan dnegan cepat dengan upaya yang sangat sedikit. (Sabun, koran, pasta gigi dll)
b.      Barang toko (shopping goods) adalah barang yang biasanya dibandingkan berdasarkan kesesuaian, kualitas, harga, dan gaya dalam proses pembeliannya. (Perabotan, pakaian dll)
c.       Barang khusus (specialty goods) mempunyai ciri-ciri atau identifikasi merek yang unik sehingga banyak pembeli bersedia melakukan upaya pembelian. (Mobil, kamera dll)
d.      Barang yang tidak dicari (unsought goods) adalah barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau mereka tidak terpikir untuk membelinya. (Asuransi, ensiklopedia dll)


3.      Klasifikasi Barang Industri
Dapat diklasifikasikan berdasarkan bagaimana cara barang tersebut memasuki proses produksi dan kemahalan relatifnya. Kita dapat membedakan tiga kelompok, yaitu:
a.       Bahan baku dan suku cadang (materials and parts) adalah barang-barang yang seluruhnya masuk ke produsen tersebut. Barang-barang ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu:
1.      Bahan mentah terdiri dari produk pertanian dan produk alam (kayu, biji besi dll).
2.      Bahan baku dan suku cadang terdiri dari bahan baku komponen (besi, semen, kabel, benang dll) dan suku cadang komponen (ban cetakan, mesin kecil dll).

b.      Barang modal (capital items) adalah barang-barang tahan lama yang memudahkan pengembangan atau pengelolaan produk jadi. Barang modal terdiri dari dua kelompok yaitu;
1.      Instalasi (pabrik, kantor) dibeli melalui negosiasi panjang.
2.      Peralatan meliputi peralatan kantor dan perkakas pabrik yang dapat dipindahkan.

c.       Perlengkapan dan layanan bisnis (supplies and business service) adalah barang dan jasa berumur pendek, memudahkan pengembangan atau pengelolaan produk jadi. Meliputi layanan pemeliharaan dan perbaikan (pembersihan jendela, perbaikan mesin fotokopi) dan layanan konsultasi bisnis (hukum, konsultasi manajemen, iklan). Terdiri dari dua jenis;
1.      Barang pemeliharaan dan perbaikan (cat, paku, sapu).
2.      Perlengkapan operasional ( pelumas, batubara, kertas tulis, pensil) 

 
TUGAS RESENSI BUKU

BUMI CINTA
Novel yang diangkat dari sebuah kisah pemuda muslim islam Indonesia yang melanjutkan kuliahnya di Madinah setelah selesai di India.
Untuk memperlengkap program kuliahnya maka Muh.Ayyas biasa dipanggil Ayyas melakukan penelitian sejarah Moskwa,Rusia.Dimana ditempat inilah Ayyas akan diuji keimanannya sebagai pemuda muslim ditengah kehidupan Moskwa ,Rusia,dimana hidup di negeri paling menjunjung seks bebas,pornografi penuh tantangan dan hasrat duniawi nonik-nonik muda Moskwa, Rusia yang kecantikannya tiada tara.
Di Moskwa, Rusia, Ayyas tinggal di sebuah apartement yang dipilihkan oleh sahabatnya David yang menurutnya tiada tempat sebaik itu ,ternyata pilihannya salah besar di dalam 1 apartement tapi beda kamar tinggal dua orang cewek Rusia,Linor dan Yelena.
Linor yang bekerja Agen Zionis Israel dan Yalena sebagai wanita bayaran kelas atas yang biasa melayani Pejabat-pejabat tinggi Negara ,dan bahkan ada dari Indonesia tetapi Ayyas tidak mengetahuinya ,malah yang Ayyas ketahui dari mereka bahwa Linor yang cantik jelita bekerja sebagai Jurnalis dan Pemain Biola sedangkan Yalena bekerja sebagai Pemandu Wisata.
Melakukan penelitian sejarah di Rusia maka harus memiliki pembimbing dari pakar sejarah.Maka Ayyas bertemu dengan Doktor Tomskii dan kemudian Ayyas diperkenalkan dengan Doktor Annatasia dari Universitas terkemuka di Rusia yang akan menjadi pembimbingnya.Doktor Annatasia jatuh cinta kepada Ayyas karena mengagumi kepintaran dan kecerdasannya tetapi Ayyas tidak begitu merespon niat baik Doktor Annatasia karena menurut Ayyas menyelesaikan penelitian pas pada waktunya lebih penting dari pada hasrat duniawi.
Berbagai cobaan telah dihadapi Ayyas, musim dingin di Moskwa telah dilalui dengan penuh perjuangan yang menuntunnya sampai pada musim semi yang penuh berkah.
David sahabat Ayyas menemuinya dan meminta kepada Ayyas agar ditunjukkan jalan menuju taubat setelah sekian lamanya merasakan hidup bebas tetapi tidak menemukan jati dirinya yang sesungguhnya hampa dia rasakan dan Yalena tetangga kamar Ayyas  akhirnya mengakui adanya Tuhan.Setelah terjadinya kecelakaan yang dilakukan oleh cliennya yang hamper merenggut nyawanya dan pada akhirnya David dan Yalena menikah pada keadaan muslim.
Tak lupuk dari Ridho Allah SWT.Linor yang bekerja sebagai Agen Zionis Israel yang menganut kepercayaan Yahudi malah bertobat di jalan Allah dan masuk muslim setelah ia mengetahui jati dirinya yang sesungguhnya bahwa dia adalah seorang keturun muslim Palestina yang selama ini Negara yang paling dikutuk bersama Agen Zionis Israela adalah Palestina.
Linor akhirnya tewas dalam keadaan muslim tertembak oleh Agen Zionis Israel karena Linor dianggap gagal dalam tugasnya.
Ayyas menangis keras karena Linor mati di depan matanya dan tidak sempat memenuhi permintaan Linor umtuk dinikahi di jalan Allah SWT.
Ayyas memohon kepada Allah SWT agar bisa dipertemukan di Bumi Cinta-Mu yang sejati,yaitu Surga yang Engkau sediakan bagi hamba-hamba-Mu yang beriman dan beramal saleh. Kabulkanlah Doaku Ya Allah. Aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar