Jumat, 30 Desember 2011

Tugas Presentasi
Kelompok 4:
1.    Sri melda S
2.    Yulianti L
3.    Yun nete
Nama: Sri melda S
NIM: 10.12.138
KLS: AK B5

SKEMA  MENGIDENTIFIKAN  SEGMEN  PASAR  DAN  TARGET  PASAR

A.TINGKAT  SEGMENTASI  PASAR 
            Didalam  memasuki  segmentasi  pasar  perlu  terlebih  dahulu mengadakan pemasaran  massal,dimana  penjual  melakukan  produksi  massal,distribusi  massal, dan promosi  massal  dari  satu  produk  untuk  semua  pembeli.Namun  sebagian  besar  perusahaan  perusahaan  beralih  kepemasaran  mikro.                    
1.Pemasaran  segmen
            Tugas pemasar  adalah  mengidentifikasi  segmen  dan  memutuskan  segmen  mana  yang  akan  dibidik.para  ahli  pemasaran  mendorong  untuk  menberikan  penawaran  pasar  yang  fleksibel  yang  terdiri  dari  dua  bagian  yaitu:
1.solusi  telanjang  yang  berisi  elemen  produk  dan  jasa  yang  dihargai  oleh   semua   anggota  segmen
2.Obsi  terbuka  yang  dihargai  oleh  beberapa  anggota  segmen 
Didalam  menentukan  karakter  segmen  pasar  dapat  dilakukan  dengan  tiga  cara  yaitu:
            1.preferensi  homogen 
Preferensi  ini   ada ketika  semua  konsumen  memiliki  preferensi  yang  hampir  sama
            2.Preferensi  terdifusi
            Preferensi  ini  mempunyai  preferensi  yang  yang  sangat  bervariasi 
            3.Preferensi  kelompok 
Segmen  ini  dihasilkan  ketika  segmen  pasar  muncul  dari  kelompok  konsumen  dengan  preferensi  yang  sama.
2.Pemasaran  ceruk 
            Ceruk  adalah  kelompok  pelanggan  yang  lebih  sempit  mencari  bauran  manfaat  yang  berbeda.
3.Pemasaran  lokal 
            Pemasaran  lokal  mencerminkan  tren  yang  sedang  berkembang  yang  disebut  pemasaran  akar  rumput, dimana  kegiatan  pemasaran  fokus  untuk  berada  sedekat  mungkin  dengan  pelanggan .
4.Pemasaran  Individual 
            Segmentasi  ini  mengarah  kepemasaran  yang  disesuaikan ,custumorization  menggabungkan  penyesuaian  massal  yang  digerakkan  secara  operasional  dengan  pemasaran  yang  disesuaikan  dalam  cara  yang  memberdayakan  konsumen  untuk  merancang  penawaran  produk  dan  jasa  pilihan  mereka 

B. DASAR  SEGMENTASI  PASAR  KONSUMEN
1.Segmentasi  Geografis 
            Beberapa  pendekatan  menggabungkan  data  geografis  dengan  data  demograrafis  untuk  mendapatkan  deskripsi  yang  jauh  lebih  kaya  tentang  pelanggan  dan  lingkungan  sekitar  mereka.Didalam  segmentasi  ini  ada  lima  kategori  luas  yaitu:
            1.Pendidikan  dan  kekayaan 
            2. Siklus  hidup  keluarga
            3. Urbanisasi
            4. Ras  dan  etnis
            5. Mobilitas
2.Segmentasi  demografis
            Segmen  ini  membagi  pasar  menjadi  kelompok-kelompok  berdasarkan  variabel.Variabel  yang dimaksudkan  adalah :
            1.Usia  dan  tahap  siklus  hidup
2.Tahap  kehidupan , tahap  kehidupan  mempresentasikan  peluang  bagi  pemasar  yang    dapat  membantu  masyarakat  mengatasi  masalah  utama  mereka 
3. Jenis  kelamin
4.Pendapatan 
5.Generasi
6.Kelas  sosial  ceruk 
3.Segmentasi  psikografis
            Psikografis  adalah  ilmu  untuk  menggunakan  psikologi  dan  demografi  guna  lebih  memahami  konsumen.

4.Segmentai  Perilaku 
            Didalam  segmentasi  perilaku  yang  paling berperan  didalamnya  adalah 
1.      Peran  keputusan
2.      Variabel  perilaku
3.      Model  konversi

C.Dasar  Untuk  Segmentasi  Pasar  Bisnis
          Didalam  segmentasi  ini, pemasar  menggunakan  variabel  yaitu:
            1.Demogratis
            2.Variabel  operasi 
            3. Pendekatan  pembelian 
            4. Faktor  situasional 
            5. Karakteristik  pribadi
D.Kriteria  Target  Pasar
1.Kriteria  segmentasi  Efektif            
             a. Terukur
            b. Substansial
            c. Dapat  diakses
            d. Dapat  dideferensiasi
            e. Dapat  ditinjaklanjuti
2. Mengelvaluasi  dan  memilih  segmen  pasar 
            Segmen  pasar  yang berbeda  perusahaan  harus  melihat  dua  faktor yaitu  daya  tarik  keseluruhan  segmen  serta  tujuan  dan  sumber  daya  perusahaan  .
3.Pertimbangan  Tambahan
            Ada  dua  pertimbangan  dalam  mengevaluasi  dan  memilih  segmen  yaitu:
            1.Rencana  invasi  segmen  per  segmen
            2.Pilihan  etika  target  pasar

RESENSI BUKU

JUDUL BUKU                      :    PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PENULIS                              :    IKATAN DOSEN KEWARGANEGARAAN SULAWESI
 PENERBIT                           :    DESAIGNER DEA ADVERTISING     

Pada hakekatnya pendidikan ialah upaya sadar dari suatu masysrakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerusnya. Dalam kehidupan kampus di seluruh perguruan tinggi Indonesia, harus dikembangkan menjadi lingkungan ilmia yang dinamik, berwawasan budaya bangsa, bermoral keagamaan dan berkepribadian Indonesia.
Tujuan pendidikan kewarganegaraan yaitu untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan denganhubungan antara warga negara dengan negara lain agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa oleh negara.
Dasar hukum Pendidikan Kewarganegaraan
a.    Undang-Undang Dasar 1945
b.    Undang-Undang No. 20 Tahun 1982
c.    Undang-Undang No. 2 Tahun 1989
Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui dan memahami aneka ragam masalah dasar kehidupan masyarakat bangsa dan negara yang akan diatasi dengan pemikiaran berdasarkan pancasila serta memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan ngara.
Dalam buku ini juga terdapat kompetensi yang diharapkan yaitu :
1.    Sifat Cerdas
Yaitu yang tampak pada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan bertindak
2.    Sifat Tanggung Jawab
Yaitu kebenaran tindakan dipahami dari nilai-nilai iptek, etika, ataupunkepatuhan ajaran agama dan budaya.

0 komentar:

Posting Komentar