Tugas Presentasi
Kelompok 4:
1. Sri melda S
2. Yulianti L
3. Yun nete
Nama: Sri melda S
NIM: 10.12.138
KLS: AK B5
SKEMA MENGIDENTIFIKAN SEGMEN PASAR DAN TARGET PASAR
A.TINGKAT SEGMENTASI PASAR
Didalam memasuki segmentasi pasar perlu terlebih dahulu mengadakan pemasaran massal,dimana penjual melakukan produksi massal,distribusi massal, dan promosi massal dari satu produk untuk semua pembeli.Namun sebagian besar perusahaan perusahaan beralih kepemasaran mikro.
1.Pemasaran segmen
Tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan segmen mana yang akan dibidik.para ahli pemasaran mendorong untuk menberikan penawaran pasar yang fleksibel yang terdiri dari dua bagian yaitu:
1.solusi telanjang yang berisi elemen produk dan jasa yang dihargai oleh semua anggota segmen
2.Obsi terbuka yang dihargai oleh beberapa anggota segmen
Didalam menentukan karakter segmen pasar dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:
1.preferensi homogen
Preferensi ini ada ketika semua konsumen memiliki preferensi yang hampir sama
2.Preferensi terdifusi
Preferensi ini mempunyai preferensi yang yang sangat bervariasi
3.Preferensi kelompok
Segmen ini dihasilkan ketika segmen pasar muncul dari kelompok konsumen dengan preferensi yang sama.
2.Pemasaran ceruk
Ceruk adalah kelompok pelanggan yang lebih sempit mencari bauran manfaat yang berbeda.
3.Pemasaran lokal
Pemasaran lokal mencerminkan tren yang sedang berkembang yang disebut pemasaran akar rumput, dimana kegiatan pemasaran fokus untuk berada sedekat mungkin dengan pelanggan .
4.Pemasaran Individual
Segmentasi ini mengarah kepemasaran yang disesuaikan ,custumorization menggabungkan penyesuaian massal yang digerakkan secara operasional dengan pemasaran yang disesuaikan dalam cara yang memberdayakan konsumen untuk merancang penawaran produk dan jasa pilihan mereka
B. DASAR SEGMENTASI PASAR KONSUMEN
1.Segmentasi Geografis
Beberapa pendekatan menggabungkan data geografis dengan data demograrafis untuk mendapatkan deskripsi yang jauh lebih kaya tentang pelanggan dan lingkungan sekitar mereka.Didalam segmentasi ini ada lima kategori luas yaitu:
1.Pendidikan dan kekayaan
2. Siklus hidup keluarga
3. Urbanisasi
4. Ras dan etnis
5. Mobilitas
2.Segmentasi demografis
Segmen ini membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel.Variabel yang dimaksudkan adalah :
1.Usia dan tahap siklus hidup
2.Tahap kehidupan , tahap kehidupan mempresentasikan peluang bagi pemasar yang dapat membantu masyarakat mengatasi masalah utama mereka
3. Jenis kelamin
4.Pendapatan
5.Generasi
6.Kelas sosial ceruk
3.Segmentasi psikografis
Psikografis adalah ilmu untuk menggunakan psikologi dan demografi guna lebih memahami konsumen.
4.Segmentai Perilaku
Didalam segmentasi perilaku yang paling berperan didalamnya adalah
1. Peran keputusan
2. Variabel perilaku
3. Model konversi
C.Dasar Untuk Segmentasi Pasar Bisnis
Didalam segmentasi ini, pemasar menggunakan variabel yaitu:
1.Demogratis
2.Variabel operasi
3. Pendekatan pembelian
4. Faktor situasional
5. Karakteristik pribadi
D.Kriteria Target Pasar
1.Kriteria segmentasi Efektif
a. Terukur
b. Substansial
c. Dapat diakses
d. Dapat dideferensiasi
e. Dapat ditinjaklanjuti
2. Mengelvaluasi dan memilih segmen pasar
Segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor yaitu daya tarik keseluruhan segmen serta tujuan dan sumber daya perusahaan .
3.Pertimbangan Tambahan
Ada dua pertimbangan dalam mengevaluasi dan memilih segmen yaitu:
1.Rencana invasi segmen per segmen
2.Pilihan etika target pasar
RESENSI BUKU
JUDUL BUKU : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PENULIS : IKATAN DOSEN KEWARGANEGARAAN SULAWESI
PENERBIT : DESAIGNER DEA ADVERTISING
Pada hakekatnya pendidikan ialah upaya sadar dari suatu masysrakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerusnya. Dalam kehidupan kampus di seluruh perguruan tinggi Indonesia, harus dikembangkan menjadi lingkungan ilmia yang dinamik, berwawasan budaya bangsa, bermoral keagamaan dan berkepribadian Indonesia.
Tujuan pendidikan kewarganegaraan yaitu untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan denganhubungan antara warga negara dengan negara lain agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa oleh negara.
Dasar hukum Pendidikan Kewarganegaraan
a. Undang-Undang Dasar 1945
b. Undang-Undang No. 20 Tahun 1982
c. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989
Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui dan memahami aneka ragam masalah dasar kehidupan masyarakat bangsa dan negara yang akan diatasi dengan pemikiaran berdasarkan pancasila serta memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan ngara.
Dalam buku ini juga terdapat kompetensi yang diharapkan yaitu :
1. Sifat Cerdas
Yaitu yang tampak pada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan bertindak
2. Sifat Tanggung Jawab
Yaitu kebenaran tindakan dipahami dari nilai-nilai iptek, etika, ataupunkepatuhan ajaran agama dan budaya.
0 komentar:
Posting Komentar